Selasa, 23 Desember 2014

Cerpen Mengenai Etika Profesi

CERPEN….~

Hari ini merupakan hari yang cukup melelahkan bagiku, memang semuanya berjalan seperti biasa bangun pagi bersiap kuliah, kemudian pulang pada sore hari nya, tapi yang membuat lelah adalah entah hari ini ada apa atau hari spesial apa, dosen yang mengajarku hari ini memberikan tugas kuliah yang luar biasa banyak, tidak cukup sampai situ merekapun menyuruh kami juga untuk merangkum beberapa bab dari buku yang telah ditentukannya. Huft……..
            Sesampainya di rumah aku langsung bergegas ke kamar tidurku, disana aku beristirahat, melepas lelah seharian beraktifitas dan tanpa terasa aku tertidur pulas.
            Malam harinya aku terbangun karena terdengar suara ramai dari ruang keluarga dan ternyata ayahku sudah pulang, “Ah iya hari ini ayah pulang”, gumam ku. Kemuadian aku menyambut ayahku yang baru pulang setelah menjalankan tugas dari kantornya. Ayahku sudah tidak pulang selama seminggu demi pekerjaannya tersebut. Ayahku bekerja di sebuah badan yang dinaungi oleh pemerintah namun memiliki sifat independent yang memiliki tugas untuk mengawasi seluruh perusahaan ataupun badan usaha di seluruh Indonesia baik perusahaan milik swasta maupun pemerintah.
Setelah ayah selesai istirahat dan makan malam, seperti biasa kami sekeluarga kemudian mengumpul untuk mengobrol sejenak. Dalam obrolan tersebut ayah juga bercerita bagaimana dan apa saja yang ia lakukan ketika perjalanan dinas kemarin. Ia bercerita bahwa ketika ia bertemu dengan para Direktur dari perusahaan yang akan di periksa, ayahku diperlakukan sangat baik oleh mereka, menjemput dengan mobil yang mewah, tidak hanya makan bahkan ada salah satu kepala perusahaan ingin mengajak ayahku jalan-jalan mengelilingi kota tersebut. “Waaaah.. enak banget ayah dimanjain kayak gitu.. aku juga mau ah kerja kayak ayah”, sahut ku. “Ya nggak enak gitu juga kak, karena mau gimana pun kita tidak boleh menerima apapun dari perusahan-perusahan tersebut, karna jika ayah menerima maka akan melanggar kode etik profesi”, jelas ayah. “Oh iya ya, hihihi…” jawab ku. “Dan juga kak jika kita menerima tersebut, walaupun hal yang paling sepele, misalkan mereka mentraktir makan kita itu itungannya mereka telah menyuap kita, dari situ mereka akan berharap hasil pemeriksaan yang kita lakukan memiliki hasil yang baik sehingga perushaan mereka tidak akan terlibat kasus.” Jelas ayahku lagi, “Iya Ayah, aku juga paham mengenai hal kayak gitu, soalnya di semester ini kakak juga lagi belajar mengenai Etika Profesi terutama pada bidang Akuntansi. Suatu badan pemeriksaan eksternal memaang diwajibkan untuk selalu menjaga independensinya dan mereka juga harus selalu objektif dalam melakukan pemeriksaan karna itu merupakan salah satu kode etik mereka” jawab ku. “Nah itu kakak udah tau, yaudah besok pagi kan ayah masih harus berangkat kerja lagi, ayah tidur duluan ya, kamu juga tidur jangan terlalu malam ya.” Ajak ayah. “Iya yah.” Kata ku

Kemudian tak lama ayahpun sudah tertidur pulas dikamarnya, sedangkan aku masih sibuk dengan tugas yang hampir deadline. Sambil mendengarkan lagu-lagu favoritku aku mengerjakan tugas dengan enjoy. Harapanku kedepan adalah aku sangat ingin suatu hari nanti dapat bekerja seperti ayahku, memegang teguh kode etik dan bersih dari KKN.

SELESAI..~

Nb : Maaf ya klo cerpennya ga enak dibaca, hihi maklum masih belajar. Aku juga agak bingung sih ini cerpen atau isi dari buku harian. Ditunggu responnya ya reader, aku menerima segala kritik dan saran kalian kok. Don’t be silient reader!

3 komentar:

  1. agen poker terbesar dan terpercaya IONQQ. pin BB : 58ab14f5
    silahkan daftar dan dapatkan keuntungan yang besar dengan bermain di IONQQ.GAMES

    BalasHapus
  2. mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq.club...
    segera di add black.berry pin 58CD292C.
    WwW-AJoQQ.club| bonus rollingan 0,3% | bonus referral 20% | minimal deposit 15000

    BalasHapus
  3. cerpen nya bagus sekali kak makasih

    css skin

    BalasHapus