Sabtu, 10 November 2012

Tugas Softskill ke-2

Mengapa Koperasi di Indonesia Belum Berkembang??

Koperasi merupakan badan usaha milik bersama yang memiliki prinsip ekonomi yang didasari atas asas kekeluargaan

Namun mengapa koperasi sendiri belum berkembang dengan pesat di negara kita, padahal pemerintah tidak pernah putus untuk terus berusaha memajukan koperasi di indonesia.
Hal ini dapat terjadi dikarenakan adanya dua permasalahan pokok yang terjadi didalam Perkoperasian Indonesia diantaranya adalah : 

  • Permasalahan internal 
    1. Kurangnya penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dan  kemampuan menejerial yang dimiliki oleh para anggota Koperasi.
    2. Kurang berfungsinya alat perlengkapan organisasi.
    3. Belum sepenuhnya mampu mengembangkan kegiatan diberbagai sektor perekonomian kerena belum memiliki kemampuan untuk memanfaatkan kesempatan usaha yang ada.
    4. Belum sepenuhnya tercipta mata rantai niaga yang efisian dan efektif, baik dalam pemasaran hasil produksi maupun distribusi bahan kebutuhan pokok para anggotanya.
    5. Adanya keterbatasan modal.
    6. Terbatasnya jumlah dan jenis sarana usaha yang dimiliki oleh koperasi, dan kemamapuan para pengelola koperasi dalam mengelola sarana yang telah dimiliki.
    7. pebanyakan pengurus koperasi yang telah lanjut usia sehingga kapasitas kerjanya terbatas.

  •  Permasalahan eksternal
    1.  Bertambahnya persaingan dari badan usaha lain yang secara bebas memasuki bidang yang sedang dijalani koperasi
    2. Kurang adanya keterpaduan dan kosistensi antara program pengembangan koperasi dengan program pengembangan sub-sektor lain, sehingga seakan-akan sub-sektor berjalan sendiri tanpa dukungan dan partisipasi program pengembangan.
    3. Adanya praktek dunia usaha yang menyampingkan semangat usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dan gotong royong.
    4. Masih banyak manyarakat yang belum memahami dan menghayati pentingnya bekoperasi sebagai salah satu pilihan cara untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan
    5. Tingkat harga yang sering kali berubah (naik) sehingga pendapatan penjualan tidak dapat dimanfaatkan untuk meneruskan usaha, karena justru akan menyiutkan usaha.
    6. Sebagai organisasi yang membawa unsur pembaruan, koperasi sering membawa nilai-nilai baru yang kadang-kadang kurang sesuai dengan nilai yang dianut oleh masyarakat yang lemah dan miskin terutama yang berada di pedesaan. 
    7. Belum terciptanya pola dan bentuk-bentuk kerjasama yang serasi, baik antar koperasi secara horizontal dan vertikal maupun kerjasama antara koperasi dengan BUMN dan Swasta.    
 Selain dari permasalahan-permasalahan yang ada di atas lemahnya koperasi diindonesia juga disebabkan oleh beberapa  faktor, diantaranya yakni :
  • Kurangnya partisipasi dari para anggotanya
  • Sosialisasi koperasi
  • Permodal 
  • Manajemen
  • Sumber Daya Manusia
  • Kurangnya kesadaran manyarakat
  • Pemanjaan koperasi
  • Demokrasi ekonomi yang masih kurang 

Referensi :
http://rahmanelieser.blogspot.com/2011/11/koperasi-merupakan-badan-usaha-bersama.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar