Kamis, 03 November 2011

Pemasaran



Pemasaran

1)      Pengertian Pasar dan Pemasaran
Pangertian pasar secara umum sering di kenal sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan suatu transaksi jual beli barang dan jasa yang bertujuan untuk dapat memenuhi kebutuhan. Sedangkan pengertian pasan secara konsep pemasaran adalah kelompok individual (perorangan atau kelompok) yang mempunyai permintaan terhadap barang dan jasa tertentu, daya beli, dan berniat merealisasikan pembelian.
Menurut William J. stanton (1993) pasar dapat di definisikan sebagai berikut: “pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk belanja dan kemauan untuk membelanjakanya”. Dari definisi tersebut terdapat tiga unsur penting di dalam pasar yaitu:
· orang dengan segala keinginanya.
· daya beli mereka.
· kemauan untu membelanjakan.

2)      Jenis-Jenis Pasar
a.   Pasar konsumen akhir (end user)
Yaitu pasar yang menyediakan barang dan jasa untuk tujuan memenuhi kebutuhan pribadi dan keperluan rumah tangga sendiri.
b.   Pasar konsumen antara (intermediate consumers)
Yaitu pasar yang menyediakan barang untuk tujuan memenuhi konsumsi industrial, yang dimana barang dalam pasar tersebut di proses atau dijual untuk pihak lain.
c.   Pasar nyata
Adalah tempat umumnya dengan banyak penjual dan banyak pembeli dengan membawa uang untuk mengadakan transaksi. Antara penjual dan pembeli harus melihat barang-barang yang dijual, contoh pasar tradisional, took buah, dll.
d.   Pasar abstrak
Adalah tempat terjadinya transaksi antara penjual dan pembeli tanpa harus melihat barang-barang yang dijualkan, contohnya adalah barang yang dijual secara online.

Syarat-syarat terjadinya pasar :
*        adanya tempat untuk berniaga.
*        adanya barang dan jasa untuk di perdagangkan.
*        terdapat penjual.
*        terdapat pembeli.
*        adanya hubungan transaksi jual beli.
     
Tujuan terbentuknya pasar
*        memudahkan konsumem mendapat barang dan jasa tertentu.
*        memudahkan produsen menjual hasil produksinya.
*        meningkatkan perekonomian.
*        Memfasilitasi masyarak
Jenis-jenis pasar barang
1)      Pasar persaingan sempurna
Adalah struktur pasar atau industri dimana terdapat banyak penjual dan pembeli, setiap penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi keadaan pasar. Ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah:
*      Jumlah penjual dan pembeli sangat banyak.
*      Barang yang diperdagangkan serba sama (homogen)
*      Masing-masing penjual hanya berperan sebagai price taken (yang menetapkan harga).
*      Konsumen memahami sepenuhnya keadaan pasar.
*      Tidak ada hambatan untuk keluar masuk pasar bagi penjual.
*      Factor-faktor produksi bebas bergerak.
*      Pemerintah tidak campur tangan dalam pemetapan harga.

2)      Pasar monopoli (milik pemerintah)
Adalah suatu bentuk intnteraksi antara permintaan dan penawaran di mana hanya ada satu penjual yang berhadapan dengan banyak pembeli. Ciri-ciri pasar monopoli (milik pemerintah) adalah:
*    Harga ditentukan satu perusahaan.
*    Tidak terdapat barang pengganti yang mirip atau sama (clouse substitution).
*    Terdapat hambatan bagi perusahan baru untuk masuk ke dalam pasar tersebut
*    Penjual menguasai penentuan harga.
*    Usaha mempromosikan melalui iklan kurang diperlukan.

3)      Pasar persaingan monopolistic
Adalah suatu bentuk interksi yang sama antara permintaan dan penawaran dimana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama tetapi berbeda corak (model). Ciri-ciri pasar persaingan monopolistik adalah:
ü Terdapat banyak penjual yang berkecampung di pasar.
ü Barang yang dijual diferentiaten.
ü Para penjual memiliki kekuatan monopoli atas barang produknya sendiri oleh karna itu harus memperhitungkan persaingan dengan barang-barang lain yang sama tetapi berbeda corak untuk memenangkan persaingan.
ü Promasi adalah sesuatu yang wajib dilakukan bagi para penjual.
ü Keluar masuk pasar relatif lebih mudah dibandingkan dengan pasar monopoli atau oligopoli.
ü Keadaan pasar disini mengndung unsure monopoli sekaligus unsur persaingan disebut pasar persaingan monopoli.

4)      Pasar oligopoly
Adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran dimana terdapat beberapa penjual atau produsen yang menguasai seluruh permintaan pasar. Ciri-ciri pasar oligopoli adalah:
o   Terdapat beberapa penjual atau produsen yang menguasai pasar.
o   Barang yang diperjual belikan dapat homogen dapat pula berbeda corak (diferentiaten produk).
o   Promosi sangat diperlukan.
o   Terdapat hambatan yang cukup kuat bagi perusahaan yang berada di luar pasar untuk masuk kedalam pasar.
o   Satu diantara para oligopolis merupakan rice yaitu penjual yang memiliki pangsa pasar terbesar , memiliki kekuatan besar untuk menetapkan harga dan para penjual yang lainya terpaksa mengikuti harga tersebut.

Pengertian Pemasaran

Beberapa definisi mengenai pemasaran diantaranya:
Menurut Philip kloter pemasaran atau marketing adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan malalui proses pertukaran.
Menurut William J. stanton pemasaran adalah keseluruhan sistem dari kegiatan usaha yang ditunjukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
Jadi dapat kita tarik kesimpulan bahwa pemasaran adalah sebuah kegiatan baik secara individu maupun kelompok untuk mendistribusikan, menawarkan hasil produksi kepada konsumen guna memenuhi kebutuhan (needs), keinginan (wants), permintaan (demands) komsumen melalui proses pertukaran agar tercapainya tujuan produsen.


Unsur-unsur dalam pemasaran
1)      Pemasar Adalah sebuah organisasi atau perorangan yang mempunyai tujuan untuk puas melalui pendistribusian barang dari produsen kepada konsumen. Pemasar dapat berupa:
·         Produsen (berorientasi terhadap keuntungan).
·         Organisasi (berorientasi terhadap keuntungan dan kesejahteraan umum).
·         Pemerintah (berorientasi terhadap kesejahteraan umum).
2)      Barang dan jasa Dalam sebuah pemasaran harus terdapat barang dan jasa yang dipasarkan, barang yang ber sifat kongkret dan jasa yang bersifat tidat kongkret.
3)      Pasar
Pasar dijadikan sebagai tempat pemenuh kebutuhan, proses interaksi antara permintaan dan penawaran dari suatu barang dan jasa tertentu sehingga terciptanya penetapan harga keseimbangan dari jumlah barang dan jasa yang di perdagangkan.
4)      Negosiasi Adalah proses interaksi antara produsen atau distributor kepada konsumen untuk dapat memenuhi kebutuhan guna tercapainya tujuan dan kesepakatan bersama.
Konsep pemasaran
Ø  Kebutuhan
Ø  Keinginan
Ø  Permintaan
Ø  Kesimpulan

Referensi:
http://arami-rafsanjani.blogspot.com Kamis, 3 November 2011, 19:35 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar