Kamis, 21 Juni 2012

Masalah Pokok Perekonomian Indonesia


Masalah Pokok Perekonomian Indonesia

Didalam suatu kepemerintahan ada beberapa masalah-masalah yang memicu terjadinya lemahnya tingkat perekonomian di in indonesia.Diantara banyak masalah yang terjadi yang paling penting dan sampai saat ini belum dapat terselesaikan adalah masalah pengangguran dan inflasi yang melonjak tinggi.

1.     Pengangguran
Penganngur adalah orang yang  tidak mempunyai pekerjaan, sedang mencari pekerjaan,atau sedang mempersiapkan suatu usaha baru.
Jenis-jenis pengangguran:
a.    Berdasarkan penyebab terjadinya:
·   Pengangguran Siklis/Konjungtur, pengangguran ini terjadi karenaturunnya kegiatan perekonomian dalam suatu Negara.
·   Penangguran Struktural terjadi karena adanya perubahan structural/komposisi  perekonomian. Misalnya peralihan tenaga kerja dari sektor pertanian ke sektor industri, Penagguran ini juga dapat terjadi diakibatkan karena penggunaan alat yang semakin canggih.
·   Pengangguran Friksional, pengangguran ini terjadi  karena adanya kesulitan temporer dalam mempertemukan pembri kerja dan pelamar kerja.
·   Pengangguran Musiman, pengangguran ini terjadi dikarnakan adanya pergantian musim.
b.      Berdasarkan jam  kerja :
·   Pengangguran Terselubung (Disguised Unemployment) adalah tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal karena suatu alasan tertentu.
·   Setengah Menganggur (Under Unemployment) adalah tenaga kerja yang tidak bekerja secara optimal karena tidak ada lapangan pekerjaan, biasanya tenaga kerja setengah menganggur ini merupakan tenaga kerja yang bekerja kurang dari 35 jam selama seminggu.
·   Pengangguran Terbuka (Open Unemployment) adalah tenaga kerja yang sungguh-sungguh tidak mempunyai pekerjaan. Pengganguran jenis ini cukup banyak karena memang belum mendapat pekerjaan padahal telah berusaha secara maksimal.

Penyebab terjadinya pengangguran

v  Kurangnya lapangan kerja, maksudnya antara pekerja dan peluang pekerjaan tidak seimbang.
v  Mayoritas sebuah pekerjaan membutuhkan pekerja yang terdidik, sementara yang ada adalah pengangguran yang tidak terdidik, dan lain-lain.

Dengan adanya tingkat pengangguran yang tinggi dapat menyebabkan berbagai macam dampak negative baik di bidang perekonomian Negara maupun bagi masyarakat. Dibawah ini merupakan dampak yang ditimbulkan dari pengangguran:

Bagi perekonomian Negara
·         Penurunan pendapatan perkapita.
·         Penurunan pendapatan pemerintah yang berasal dari sektor pajak.
·         Meningkatnya biaya sosial yang harus dikeluarkan oleh pemerintah.

Bagi masyarakat
·         Pengangguran merupakan beban psikologis dan psikis.
·         Pengangguran dapat menghilangkan keterampilan, karena tidak digunakan apabila tidak bekerja.
·         Pengangguran akan menimbulkan ketidakstabilan sosial dan politik.


2.     INFLASI
Inflasi adalah naiknya harga barang/bahan pokok secara menyuluruh dan merata sehingga membuat nialai mata uang menjadi rendah/ barang yang di dapat lebih sedikit.
Inflasi dapat disebabkan oleh dua hal, yaitu tarikan permintaan (kelebihan likuiditas/uang/alat tukar) dan yang kedua adalah desakan(tekanan) produksi dan/atau distribusi (kurangnya produksi (product or service) dan/atau juga termasuk kurangnya distribusi) Untuk sebab pertama lebih dipengaruhi dari peran negara dalam kebijakan moneter (Bank Sentral), sedangkan untuk sebab kedua lebih dipengaruhi dari peran negara dalam kebijakan eksekutor yang dalam hal ini dipegang oleh Pemerintah (Government) seperti fiskal (perpajakan/pungutan/insentif/disinsentif), kebijakan pembangunan infrastruktur, regulasi, dll.

Inflasi dapat digolongkan menjadi empat golongan, yaitu :
ü  Inflasi ringan (kurang dari 10% / tahun
ü  Inflasi sedang (antara 10% sampai 30% / tahun)
ü  Inflasi berat (antara 30% sampai 100% / tahun)
ü  Hiperinflasi (lebih dari 100% / tahun)

Dampak inflasi
v  Turunnya pendapatan riil bagi masyarakat yang berpenghasilan tetap.
v  Menyebabkan laju pertumbuhan ekonomi indonesia menjadi terhambat.
v  Turunnya nilai tabungan masyarakat.
v  Turunnya kekayaan masyarakat yang berbentuk kas.







Referensi:
S, Alam.2007.Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas XI.Jakarta:Penerbit Erlangga

1 komentar:

  1. Coba aplikasi MYDRAKOR, menonton film drama korea lebih mudah di hp kamu, kualitas video yang HD dan banyak pilihan film drama korea terbaik, tinggal download di GooglePlay, dapatkan MYDRAKOR secara gratis.

    https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main&hl=in

    https://www.inflixer.com/

    BalasHapus